Manfaat Mawar Pada Kesehatan

Mau Langsing tanpa ribet diet?

Bunga Mawar Sebagai Tanaman Obat




Siapa yang tidak tahu dengan mawar. Tapi tahukah anda kalau mawar juga merupakan tanaman yang dapat di fungsikan sebagai tanaman obat?Emm.. kali ini saya akan membagi info tentang manfaat tanaman mawar sebagai tanaman obat.


Mawar adalah tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat,  memiliki tinggi  2 sampai 5 meter, namun untuk mawar yang merambat tingginya bisa mencapai 20 meter. bunganya terdiri dari 4 sampai 5 helai daun mahkota dan tiap tangkai nya terdiri dari 5 sampai 9 daun berbentuk lonjong. bungan mawar memiliki ragam warna sesuai dengan jenis jenisnya. spesies mawar sendiri terdiri dari 100 jenis dan kebanyakan tanaman mawar menyukai iklim udara sejuk.

Mawar juga di kenal sebagai lambang sebuah kasih sayang, hemm.. entah kenapa sejak jaman dahulu mawar identik dengan cinta cintaan, Mungkin anda ingat lagu sekuntum mawar merah yang di nyanyikan elvi suakaesi atau mawar berduri milik broery marantika, mawar di ibaratkan sebagai lambang keindahan, kasih sayang dan sebuah cinta. 

Selain keindahan mawar serta sejarah mawar, ternyata mawar juga dapat berfungsi sebagai tanaman obat lho.. nah, berikut kegunaan mawar dalam dunia kesehatan.
  1. Mengobati keputihan pada wanita, Bunga mawar mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik alami dan dapat membunuh jamur candida albican, yaitu jamur penyebab keputihan pada wanita.
  2. Rendaman air bunga mawar. Rendaman air mawar merupakan pembersih alami yang mengandung antioksidan dan Antiseptik alami, berfungsi sebagai penyeimbang produksi sabum pada kulit, mengatasi peradangan di kulit kepala, memberantas ketombe dan untuk menghindari infeksi mata.
  3. Menambah daya tahan tubuh.
  4. Aroma terapi, Harum bunga mawar yang bersifat menenangkan sering digunakan sebagai aroma terapi di berbagai tempat spa.
  5. Sebagai pencegah sembelit dan penurun berat badan
Selain yang di sebutkan di atas, Tanaman mawar juga dapat berfungsi sebagai anti acne, anti kejang, pengatur haid, menyembuhkan infeksi,  menyembuhkan sekresi empedu, Penurun panas dan dapat juga di fungsikan sebagai pengobatan pada gigitan serangga berbisa.

Nah.. mawar rupanya tidak hanya indah di pandang bukan, tetapi mawar juga ternyata mengandung berbagai manfaat dalam pengobatan dan perawatan tubuh. Demikian infonya, semoga bermanfaat.


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar