Kulit Durian


10 Manfaat Kulit Durian Pada kehidupan Sehari Hari



Tanpa banyak basa basi, berikut saya bagikan manfaat dari kulit durian.

  1.  Mengatasi BisulSiapkan kulit durian secukupnya dan cuci bersih. Bakar kulit durian tersebut sampai menjadi arang dan berwarna hitam (ingat menjadi arang bukan jadi menjadi abu). Setelah itu arang kulit durian tersebut kita tumbuk sampai halus seperti bubuk kopi. Setelah menjadi bubuk kopi kulit durian kita taburkan kebisul kita, dan lakukan dua kali sehari.
  2. Sebagai Pengusir Nyamuk, Orang orang tua pada jaman dulu sering menggunakan kulit durian sebagai obat nyamuk dan setelah di teliti ternyata didalam Kulit durian mengandung minyak atsiri dan alkohol,sehingga baunya tidak disukai nyamuk. sedangkan untuk obat nyamuk elektrik, pelarutan dimulai dari mencincang kulit durian, lalu diblender setelah itu dilarutkan dengan alkohol dan air. kemudian di saring mengunakan ayakan. lalu bekas obat nyamuk elektir direndam dalam larutan selama beberapa menit, kemudian dijemur. setelah kering baru dapat digunakan.
  3. Briket arang kulit durian. kulit durian yang mengandung 39,3 persen karbon, dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy alternatif yang ekonomis dalam bentuk briket, dari arang kulit durian dengan proses penjemuran, pembakaran dan arang hasil pembakaran yang dicampur dengan tepung kanji sebagai perekat juga dicampur dengan soda lalu dicetak menghasilkan briket dari kulit durian yang bernilai ekonomis.
  4. Mengobati sembelit. kulit durian ternyata dapat mengobati sembelit juga lho, caranya kuliat durian diambil kemudian kita lumatkan dengan cara ditumbuk atau juga bisa diblender. Setelah itu lumatan kulit yang sudah menjadi halus kita ambil kemudian di tempelkan pada perut kita yang sedang sakit hingga rasa sakit pada perut berkurang dan biarkan sampai lumatan itu mengering.
  5. Memperlancar Haid. Kulit durian dibakar lalu dijadikan abu, airnya dapat melancarkan haid.
  6. Sebagai obat sakit perut, caranya kuliat durian diambil kemudian kita lumatkan dengan cara ditumbuk atau juga bisa diblender. Setelah itu lumatan kulit yang sudah menjadi halus kita ambil kemudian di tempelkan pada perut kita yang sedang sakit hingga rasa sakit pada perut berkurang dan biarkan sampai lumatan itu mengering.
  7. Sebagai Obat Kurap. lumatkan kulit durian atau haluskan lalu campur dengan air dan oleskan campuran tersebut di area kulit yang terkena kurap.
  8. Pupuk Organik. Rebus kulit durian, setelah direbus lalu dijemur, selanjutnya ditumbuk dan dicampur dengan tanah, dan siap untuk dijadikan sebagai pupuk organik yang membuat tanaman menjadi subur dan tahan tanpa disiram dengan air dalam jangka waktu yang cukup lama. kulit durian yang kaya akan serat mampu menjadi resapan air, sehingga dapat menahan air untuk jangka waktu yang lama dan ini sangat cocok sebagai pupuk.
  9. Bahan Pengental, Kandungan kimia kulit durian yang dapat dimanfaatkan adalah pektin. pektin merupakan senyawa yang baik digunakan sebagai pengental dalam makanan. Sehingga pektin yang diperoleh dari kulit durian dapat dimanfaatkan sebagai pengental dalam pembuatan cendol atau dapat dijadikan sebagai tepung.
  10. Penghilang Bau Tangan dan Mulut dari durian itu sendiri, Biasanya sehabis makan durian, pasti bau durian itu menempel di tangan tau menjadi bau mulut. Caranya tuangkan air pada kulit dalam durian lalu basuhkanlah tangan anda pada air tersebut. sedangkan sebagai penghilang bau mulut, tuanglah air pada kulit bagian dalam durian tersebut lalu air tersebut kumur di mulut untuk menghilangkan bau mulut sisa makan durian.




Cukup banyak bukan fungsi kulit durian dalam kehidupan kita, Demikian info yang saya coba kumpulkan dari beberapa sumber. semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang membacanya. 


Baca juga :
Manfaat Buah Makasar
Menghitung Berat Badan Ideal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar