Daun Jeruk

Manfaat daun jeruk untuk kesehatan



Jeruk, siapa yang tidak tau dengan buah yang satu ini, buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki banyak manfaat dan khasiat baik dalam dunia kesehatan maupun kehidupan sehari hari. namun kali ini saya akan membagikan informasi manfaat daun jeruk.


Dari dulu daun jeruk sudah sangat dikenal, namun tahukah anda manfaat daun jeruk bukan hanya bisa anda rasakan di lidah namun bisa juga sebagai bahan untuk pengobatan? Berikut saya bagikan informasi yang saya kumpulkan dari beberapa artikel tentang manfaat daun jeruk pada kesehatan.


1. Pengobatan Hipertensi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.


2. Penghilang Bau Badan

Beberapa helai daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.


3. Mengobati Vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

4. Demam Saat Malaria

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

5. Pegal dan Linu

Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. 


Jeruk, Mulai dari daun, batang, bunga, akar sampai ke buah memiliki banyak manfaat. terkadang kurangnya informasi membuat kita kurang memanfaatkan ketersediaan bahan bahan obat dari alam. semoga dengan informasi yang saya berikan, kita akan lebih sadar untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit telah di berikan disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar